29 January 2016

resep rawon bola - bola

resep rawon bola - bola
resep rawon bola - bola
apa itu resep rawon bola - bola? resep ini sebenarnya sama seperti resep rawon yang biasanya kita cicipi atau yang pernah kita buat. yang membedakan ialah daging yang saya gunakan. kalau rawon biasanya memakai daging sandung lamur, tetapi kali ini saya memakai daging sapi yang digiling dahulu, kemudian dibuat bola - bola. saya terinspirasi dari anak saya yang masih kecil, yang kalau memakan daging masih cuma dikunyah dan dibuang ampasnya. jadinya saya mencoba dagingnya saya giling dahulu, saya bentuk bola - bola. sehingga anak saya juga bisa menikmati.



tanpa mengurangi rasa rawon makanan khas jawa timur ini, rawon ini juga tetap menjadi pilihan lain memasak dengan bumbu rawon. rasanya yang klasik dan menggugah selera. tanpa berlama - lama, inilah resep rawon bola - bola yang akan saya sajikan.
bahan - bahan :

  • 1 kg daging sapi giling ( bentuk seperti bola - bola )
  • 4 batang daun bawang ( iris kasar )
  • 2500 ml air
  • 5 sdm minyak ( untuk menumis )
  • 5 ruas lengkuas ( cuci, memarkan )
  • 8 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai ( cuci, memarkan )
  • 5 sdm air asam jawa
  • 4 sdm gula jawa
  • 4 sdt garam
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdt kaldu bubuk rasa sapi

bumbu halus :

  • 2 sdt merica butir
  • 3 sdt ketumbar butir
  • 1,5 ruas kencur
  • 3 ruas kunyit
  • 3 ruas jahe
  • 5 buah cabe merah / sesuai selera
  • 8 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 10 butir kemiri
  • 7 buah kluwek
  • 1 sdm terasi

bahan pelengkap :

  • 4 buah cabe kriting merah, 10 buah cabe rawit merah ( rebus, haluskan )
  • kerupuk udang, telur rebus
  • bawang merah goreng
  • 100 gram tauge

cara membuat :

  1. pertama - tama, panaskan wajan, masukkan minyak yang telah disediakan. tumis bumbu halus hingga tercium aroma sedap dan berubah warna, tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. aduk - aduk sebentar. masukkan air ke dalam wajan, tunggu hingga mendidih.
  2. masukkan bola - bola daging sapi, tambahkan air asam, garam, gula jawa, gula pasir, dan kaldu bubuk. aduk rata, masak sampai bola - bola dagingnya matang. jika sudah matang, cicipi dahulu rasanya, jika dirasa ada yang kurang bisa ditambahkan bumbu lagi, aduk rata. tambahkan daun bawang, angkat.
  3. cara penyajiannya taruh rawon di mangkuk, taburi tauge, bawang merah goreng, dan telur rebus. tambahkan sambal sesuai selera. lengkapi bersama krupuk.

bagaimana hasilnya? lezat bukan? bukan hanya anda dan keluarga yang menikmati, si kecil juga bisa menikmati tanpa kesusahan dengan serat dagingnya yang belum tentu semua anak bisa memakannya. demikian resep rawon bola - bola yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

27 January 2016

resep puding coklat alpukat legit

resep puding coklat alpukat legitbagaimana bisa seseorang tidak menyukai puding? apalagi puding coklat. looknya dapet, rasanya reeeezzzzhhh lezatnya. bagaimana kalu dicampur dengan alpukat yang rasanya sudah legit ini ya? kali ini saya mencoba menyajikan resep puding coklat alpukat legit.
puding lebih lezat dihidangkan dingin, tapi juga banyak yang menghidangkan dengan puding yang tingkat suhunya biasa. yang penting asal matang, masuk cetakan, langsung hidangkan. tanpa dicampuri berbagai macam bahan. itu yang cara paling mudah dan tercepatnya. puding sendiri juga sudah nikmat tanpa ditambah bahan-bahan yang lain, tapi karena kreasi dan inovasi yang lebih membuat kita ingin tahu, menjadikan hal - hal resep yang baru dengan berbagai macam kreasi. banyak yang menggunakan saus vla, buah - buahan, dan susu. kali ini saya mencoba menggunakan alpukat. mari kita simak resep puding coklat alpukat legit.


bahan - bahan :
1. bahan puding coklat :

  • 100 ml susu kental manis vanila
  • 350 ml air
  • 1 bungkus agar -agar bubuk warna putih ( bukan nutrijel )
  • 1 sdt pasta coklat
  • 10 sdm gula pasir
  • 4 sdm coklat bubuk

2. bahan puding alpukat

  • 100 ml susu kental manis vanila
  • 250 ml air
  • 6 sdm gula pasir / sesuai selera
  • 1 bungkus agar - agar bubuk warna putih ( bukan nutrijel )
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram alpukat ( blender sampai halus )


cara membuat :

  1. pertama - tama, kita membuat puding coklatnya dulu. ambil panci untuk memasak puding. sebelum dipanaskan, masukkan bubuk agar -agar, air dan gula. campur hingga bubuk larut ke dalam air.
  2. kemudian baru panaskan wajan dengan api sedang, tunggu sampai mendidih. tambahkan coklat bubuk, pasta, dan susu. aduk sampai semua bahan tercampur rata. kemudian didihkan kembali, angkat.
  3. tuang adonan puding sedikit demi sedikit ke dalam cetakan bulat, jangan lebih dari 1/2 batas cetakan. biarkan hingga 1/2 beku. sisakan adonan untuk lapisan atasnya, biarkan berada di panci yang panas agar tidak mengeras.
  4. sambil menunggu adonan coklat beku, sambil kita membuat puding alpukatnya. sama seperti membuat adonan puding yang coklat. sebelum dipanaskan, campur terlebih dahulu bubuk agar - agar, air, garam dan gula. campur hingga bubuk larut ke dalam air.
  5. kemudian panaskan wajan, tunggu hingga mendidih. jika sudah mendidih, masukkan susu dan alpukat. diaduk - aduk terus hingga mendidih.
  6. jika sudah matang, masukkan sedikit demi sedikit adonan alpukat ke dalam cetakan adonan coklat yang telah 1/2 beku tadi. tunggu hingga 1/2 beku kembali.
  7. kemudian lapisan atasnya diberi sisa adonan puding coklat tadi. dinginkan ke dalam lemari es agar cepat mengeras dan lebih enak. jika sudah mengeras, sajikan bersama cream dan coklat, atau bisa dengan buah strawberi agar lebih cantik.


demikian resep puding coklat alpukat legit yang saya sajikan. semoga bermanfaat.


26 January 2016

resep nasi uduk selimutan

nasi uduk selimutan
nasi uduk selimutan
musim hujan telah tiba. pengennya makan yang anget - anget, gurih, dan mengenyangkan. setidaknya makan masakan yang bersantan. jika lauknya yang bersantan kan sudah biasa, kenapa tidak mencoba nasinya saja yang bersantan? ditambah lagi bau aroma rempah - rempah, bisa menjadikan penggugah selera makan. maka dari itu, kenapa kali ini saya menyajikan resep nasi uduk selimutan.
apa sih resep nasi uduk selimutan ini? ini merupakan cara pengolahan nasi uduk yang seperti biasanya, cuma cara penyajiannya yang berbeda. saya menyajikan menggunakan daun pisang sebagai wadahnya. saya memiliki ide untuk penyajian ini dikarenakan aroma rempah - rempah yang sudah terkandung dari nasi uduk ini ditambahkan dengan aroma daun pisang sepertinya bisa menjadi kolaborasi lebih untuk menggugah selera makan. tanpa berlama - lama, mari kita simak bahan - bahan dan cara pembuatan nasi uduk selimutan ini.

bahan - bahan :

  • 1 liter beras putih
  • 1 liter santan peras
  • 5 lembar daun pisang ( potong seperti membuat lontong )
  • 4 batang serai
  • 1/2 butir pala
  • cengkih secukupnya
  • garam secukupnya

bahan pelengkap :

  • 1 butir telur dadar ( diiris halus )
  • 1/2 dada ayam ( disuwir - suwir )
  • bawang goreng secukupnya


cara membuat :

  1. panaskan panci, masukkan santan peras bersama nasi, tambahkan serai, pala, cengkih, dan garam. aduk rata sampai sebua bahan tercampur. tunggu hingga mendidih, sesekali diaduk agar nasinya tidak  lengket dan gosong di bawah.
  2. sambil menunggu nasi tanak, panaskan terlebih dahulu air ke dandang untuk mengukus nasinya agar matang sempurna.
  3. jika sudah tanak, masukkan ke dalam panci dandang untuk dikukus. tunggu sampai nasinya matang.
  4. jika sudah matang, angkat nasi, angin - anginkan terlebih dahulu agar tidak terlalu panas ketika dibungkus ke dalam daun daun pisang.
  5. ketika nasi telah siap dibungkus. bisa agak hangat, bisa ketika sudah dingin, itu tergantung selera masing - masing. ambil daun pisang, taruh sedikit nasi ke daun bagian tengah daun persis, tambahkan bawang merah goreng, sedikit telur dadar yang telah diiris halus tadi, dan ayam ayam suir diatasnya. kemudian lipat menjadi 2 memanjang, sisanya lipat ke bawahnya. nasi uduk siap dihidangkan.


naaahhhh... mudah bukan bahan dan cara pembuatannya? anda bisa mancoba kreasi melipat daun pisang dengan yang menurut anda lebih mudah. demikian resep nasi uduk selimutan yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

25 January 2016

resep spaghetti bolognaise klasik ekonomis

resep spaghetti bolognaise kalsik ekonomis
resep spaghetti bolognaise klasik ekonomis
resep spaghetti bolognaise klasik ekonomis ini merupakan cara memasak spaghetti dengan cita rasa klasik dan menggunakan bahan yang ekonomis dan mudah dicari. spaghetti sendiri memang bukan makanan nusantara. spaghetti dengan berbagai macam siraman saus di atasnya ini merupakan makanan khas Italia. karena rasanya merakyat, di Indonesia menjadi pilihan lain makanan dengan olahan mie dengan berbagai rasa sausnya yang bisa dimodifikasi sendiri sesuai selera.
bukan hanya di dalam kota, dikarenakan zaman sekarang manusia dimudahkan dalam hal informasi, di pelosok desa juga mulai mengenal spaghetti. semakin lama, spaghetti ini semakin dicari banyak orang. dan ternyata setalah saya pelajari, cara pembuatanya mudah, bahannya juga mudah dicari di sini. mari kita simak resep spaghetti bolognaise klasik ekonomis yang akan saya sajikan.

bahan - bahan :

  • 200 gr spaghetti instan
  • 1/2 sdt garam
  • 4 sdm minyak sayur
  • air secukupnya ( untuk merebus spaghetti )

bahan untuk saus bolognaise :

  • 250 gr daging cincang ( bisa daging ayam atau sapi, disini saya memakai sapi )
  • 1,5 buah bawang bombay cincang
  • 3 buah bawang putih
  • 2 buah tomat ( blender kasar )
  • 6 sdm saus tomat
  • 1,5 sdt gula pasir / sesuai selera
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt oregano
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • margarin secukupnya ( untuk menumis )
  • 250 ml air
  • saus sambal / cabe bubuk jika dirasa kurang pedas
  • keju parut

cara membuat :

  1. pertama tama panaskan air untuk merebus spaghetti. jika sudah mendidih, masukkan garam dan minyak sayur yang telah tersedia. kemudian masukkan spaghetti. jika sudah empuk, angkat spaghetti, tiriskan.
  2. siapkan wajan untuk memasak saus bolognaise. panaskan dengan api sedang.
  3. masukkan margarin, tunggu hingga meleleh. kemudian masukkan bawang putih dan bawang bombay cincang. aduk - aduk hingga tercium aroma sedap. masukkan daging cincang, aduk - aduk sampai rata.
  4. masukkan air ke dalam wajan saus, tunggu hingga mendidih. masukkan tomat, gula pasir, merica bubuk, oregano, garam, penyedap rasa. tunggu hingga dagingnya matang, kemudian masukkan saus tomat dan saus sambal jika diperlukan. bisa dicoba terlebih dahulu, jika ada rasa yang kurang bisa ditambahkan bumbunya. jika sudah pas, aduk sebentar, angkat.
  5. cara penyajiannya yaitu siapkan tempat penyajian, taruh spaghetti, kemudian siramkan saus bolognaise di atasnya, kemudian tambahkan keju parut diatasnya. hidangkan selagi hangat.


demikian resep spaghetti bolognaise klasik ekonimis yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

24 January 2016

resep sushi asli rumahan yang sederhana

Tags
resep sushi asli
kemaren ada yang rikues untuk posting resep sushi asli rumahan yang sederhana. gimana gak asli rumahan dengan embel - embel sederhana wong buatnya dirumah. dan parahnya saya sendiri belum pernah makan sushi. karena faktor G alias geli ngeliat daging ikan mentah kok dimakan walopun banyak juga yang matang. tapi kok rasanya eneg apalagi pernah ngeliat video hewan yang dimasak tapi masih dalam keadaan hidup trus dimakan walo masih gerak - gerak. sumprit ilang selera makan embahnya embah saya. ya udin gak banyak babibubebo langsung aja kita simak resepnya. oh iya ini resep saya nyontek juga dari gugel [kulineri dot kom] karena faktor G itu tadi, ngapain saya buat sushi kalo saya sendiri geli makan sushi. masuk akal ? let's go ...

bahan - bahannya nih

  • 350 gram beras cuci dengan air dingin
  • 1 genggam beras ketan
  • 600 ml air
  • 1 buah telur ayam dadar
  • 5 lembar daging asap
  • 1/2 sendok makan cuka beras
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buat ketimun potong memanjang
  • 1 buah wortel, potong memanjang
  • 2 buah jamur, iris
  • Kecap asin secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Nori untuk membungkus sushi


dan ini cara membuatnya


  • Rebus sebentar wortel dan jamur, hanya agar layu. Tiriskan wortel dan jamur. Letakkan di mangkuk bersama ketimun dan tuangkan 2 sendok makan kecap asin. Aduk rata. Sisihkan
  • Goreng daging asap hingga kering, angkat dan tiriskan
  • Dadar telur dengan minyak sedikit, lipat sebanyak dua kali sehinga telur agak tebal masak hingga telur dadar matang. Tiriskan.
  • Potong-potong telur dan daging asap memanjang seukuran sayuran. Sisihkan
  • Masak campuran nasi dan ketan di rice cooker hingga matang.
  • Campurkan cuka beras, gula dan garam dalam mangkok kecil.
  • Tuang nasi dalam keadaan panas ke dalam mangkok besar lalu perlahan tambahkan campuran cuka beras sambil diaduk hingga uap nasi hilang dan bertekstur lebih lembab dan menggumpal.
  • Siapkan makisu atau sushi mat yaitu anyaman bambu seperti tikar mini untuk menggulung sushi, taruh selembar nori diatasnya.
  • Letakkan dua gumpalan nasi sushi di salah satu ujung nori, ratakan hingga nasi memenuhi permukaan nori.
  • Taruh irisan sayur, telur dan daging asap diatas nasi, rapikan.
  • Gulung sushi dengan menekuk sushi mat, tekan nasi selama menggulung agar sushi padat.
  • Potong-potong sushi dengan ukuran 1 1/2 cm. Lakukan hingga bahan habis.
  • Sajikan dengan dicelupkan kedalam kecap asin, mayonaise atau wasabi.

monggo dipraktekkan sendiri resep sushi asli rumahan yang sederhana tapi bercitarasa tinggi bagi yang demen sushi, kalo saya mah milih pepes udang saja. 

23 January 2016

resep soto betawi daging ayam

resep soto betawi daging ayam
resep soto betawi daging ayam
resep soto betawi daging ayam ini terinspirasi dari warung makan yang pernah saya kunjungi di daerah saya. meskipun bukan orang dari suku betawi, menurut saya sajian makanan ini sangat menarik. bumbu yang sedap ditambah kuah santan yang gurih menambah cita rasa dan kenikmatan soto ini. apalagi tampilan yang pertama kali saya lihat. kuning dari kunyit yang muncul, ditambah telur dan kentang goreng menjadi taburannya menjadikan saya ingin segera mencicipinya.


tak kalah dengan jenis soto yang lain, jenis soto betawi ini sekarang menjadi terkenal akibat warung makan yang saya kunjungi. ternyata kalu saya lihat bahan - bahan dan cara membuatnya memang sama dengan soto pada umumnya. yang membedakan ialah isiannya yang membuat khas. saya paling suka kemripik dari kentang yang menjadikan taburan. sebenarnya ada yang memakai emping melinjo sebagai taburannya. tapi saya sendiri kurang suka dengan emping melinjo. tanpa berlama - lama, mari kita simak bahan dan cara pembuatan resep soto betawi daging ayam ini.

bahan - bahan :
  • 1/2 kg daging ayam
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 cm lengkuas ( geprek )
  • 2 batang sereh ( geprek )
  • 1,5 liter santan encer
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • royco rasa ayam secukupnya
  • garam secukupnya
bahan pelengkap :
  • 3 butir telur ayam ( direbus terlebih dahulu )
  • 5 butir kentang ( iris tipis, cuci, goreng sampai kering dengan api kecil )
  • emping melinjo / sesuai selera
  • 5 lembar daun bawang ( iris tipis
  • 3 buah tomat ( iris kasar )
  • bawang merah goreng secukupnya
  • jeruk nipis secukupnya
  • sambal
bumbu halus :
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

cara membuat :
  1. cuci bersih ayam, kemudian rebus hingga dagingnya empuk. air sisa rebusan ayam jangan dibuang, nanti bisa digunakan sebagai kaldu. kemudian suwir - suwir ayam
  2. panaskan wajan terlebih dahulu, kemudian masukkan minyak goreng. tumis bumbu halus yang sudah tersedia. tambahkan lengkuas, salam, sereh dan daun jeruk. diaduk - aduk hingga muncul aroma wangi dan berubah warna.
  3. masukkan air sisa rebusan ayam tadi sambil disaring, kemudian masukkan santan. tunggu hingga mendidih.
  4. jika sudah mendidih, masukkan suwiran ayam, garam, dan royco. aduk hingga rata. cicipi terlebih dahulu kuah soto. jika ada yang kurang anda bisa menambahkan bumbu yang ada. jika sudah pas, angkat kuah sotonya.
  5. cara penyajiannya taruh nasi ke dalam mangkuk, tambahkan tomat dan daun bawang. siram dengan kuah soto, jangan lupa diberi ayam suwirannya. kemudian tambahkan kentang goreng dan emping melinjo, bawang merah goreng dan telur rebus, tambahkan sambal dan perasan jeruk nipis sesuai selera.

naahhhh...mudah bukan? rasanya juga tidak kalah enaknya dengan yang pernah anda coba. demikian resep soto betawi daging ayam yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

22 January 2016

resep pizza smoked beef simple no oven

resep pizza smoked beef simple no oven
resep pizza smoked beef simple no oven
resep pizza smoked beef simple no oven ini akan membantu anda untuk membuat pizza sebagai santapan keluarga dengan mudah dan menggunakan pelaratan seadanya. ada banyak varian toping pada pizza. karena pada dasarnya pizza tanpa toping itu seperti makan roti tawar tanpa selai / isi. hambar bukan ? pizza dengan toping daging asap ini merupaka pizza dengan rasa terlezat ( ini menurut saya ). dengan taburan keju mozarela menambah cita rasa anda untuk segera mencobanya. dengan alasan inilah kenapa pada artikel ini saya mencoba menyajikan resep pizza toping smoked beef ini. mari kita simak bahn - bahan dan cara pembuatannya.

bahan - bahan roti :

  • 250 gr tepung terigu segitiga biru
  • 1/2 sendok teh fermipan
  • 4 sendok makan blue band ( lelehkan terlebih dahulu )
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml susu UHT hangat
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam


bahan untuk toping :

  • 1/2 buah bawang bombay ( iris kasar, tumis sebentar )
  • 200 gr smoked beef ( iris kasar )
  • 1 buah tomat ( iris kasar )
  • saus tomat secukupnya
  • saus cabai secukupnya
  • kecu mozarella ( sesuai selera )


cara membuat :

  1. pertama - tama kita membuat rotinya dahulu. aduk rata terigu, fermipan, gula dan garam. kemudian tambahkan blue band, minyak goreng, uleni terlebih dahulu. tambahkan sedikit demi sedikit semua susu UHT. diuleni hingga kalis.
  2. jika sudah kalis, diamkan terlebih dahulu selama 30 menit / sampai mengembang, tutup dengan kain basah.
  3. uleni kembali adonan, pipihkan ke dalam teflon. pipihkan adonan sampai rata, kemudian tusuk - tusuk dengan garpu merata hingga ujung.
  4. olesi dengan saus, taburi tomat, bawang bombay tumis, sosis,yang terakhir beri taburan keju mozarela.
  5. masak dengan api kecil, tutup teflon dengan tutup panci kaca. masak sampai bagian bawah terlihat coklat.
  6. setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.



demikian resep pizza smoked beef simple no oven yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

resep pisang goreng klasik

Tags
resep pisang goreng
musim hujan masih berada dimasa kejayaannya alias masih inten datangnya secara random. otomatis hawa dingin lebih mendominasi hari demi hari. seperti yang telah menjadi kesepakatan tanpa adanya ikatan, jika hawa dingin maka perut menjadi lebih sering minta jatah. tapi kalo diisi makanan berat - berat, kebayang gimana tuh perut, buncit dah. so, sekarang saatnya berbagi resep pisang goreng klasik, karena yang krispi udah mainstream. mayan buat ngebohongin perut yang kelojotan minta makan.

siapin bahan - bahannya dulu yak


  • pisang kepok 1 sisir
  • tepung terigu secukupnya ( dikira - kira aja dengan pisangnya daripada berlebih )
  • gula pasir dan garam secukupnya


bahan pelengkap ( opsional aja alias gak wajib )

  • keju di parut
  • susu kental manis


cara memasak

  • kupas pisang tentunya, lalu iris sesuai selera. kalo saya sih dibelah jadi dua dengan ujung masih menyatu alias gak terputus
  • campur terigu, gula, garam dengan air dengan kekentalan sedang.
  • panasi minyak
  • setelah panas goreng pisang yang udah dicelupin adonan
  • setelah kecoklatan angkat lalu tiriskan


penyajian

  • taburi pisang goreng selagi hangat dengan parutan keju lalu siram pake susu kental manis.
  • nikmati selagi hangat bersama teh panas tawar


demikian resep pisang goreng klasik yang sederhana namun istimewa. hemat dan higienis

20 January 2016

resep ikan bakar nanas pedas manis

resep ikan bakar nanas pedas manis
resep ikan bakar nanas pedas manis
resep ikan bakar nanas pedas manis, asing bukan di telinga anda? kalau ikan bakar mah sudah biasa kita dengar maupun kita kita lihat dari berbagai tempat yang kita temui. banyak juga tempat kuliner legendaris dengan menu utama ikan bakar. makanan yang santai tapi menggugah selera makan dilengkapi dengan lalapan menjadi lebih segar untuk segera dinikmati selagi hangat.

banyak momen yang terjadi dengan ikan bakar ini, tapi kurang anda perhatikan. sering kita mengadakan pertemuan, meeting, reuni atau acara keluarga yang menggunakan ikan bakar sebagai santapannya. dan pasti selalu menjadi ajang perdebatan masalah tempat yang akan digunakan. jika anda dalam waktu dekat ini akan mengadakan acara pertemuan, kenapa tidak anda tawarkan saja rumah anda sebagai tempat berkumpul? sambil mengenalkan hasil masakan anda kepada teman - teman anda. mari kita coba resep ikan bakar nanas pedas manis ini dengan porsi kecil terlebih dahulu.

 bahan - bahan :

  • 1 ekor ikan mujair ukuran besar ( buang kotoran, disayat sedikit, cuci bersih dan tiriskan )
  • 200 gram nanas matang ( kupas, iris kasar )
  • 1/2 paprika merah ( iris memanjang )
  • 3 buah cabe rawit / sesuai selera
  • 3 siung bawang putih ( cincang halus )
  • 4 siung bawang merah ( cincang halus )
  • 1/2 buah bawang bombai ( iris kasar )
  • 3 cm jahe ( iris korek api )
  • 5 sendok makan saus tomat
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • minyak goreng
  • garam secukupnya


cara membuat :

  1. pertama - tama, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam sampai rata. masukkan air jeruk nipis sampai di perut ikan agar ikannya tidak amis. biarkan selama 10 menit hingga meresap. kemudian siram ikan dengan air, tiriskan.
  2. panaskan wajan teflon, olesi teflon dengan minyak goreng. dengan menggunakan api kecil, kemudian panggang ikan hingga matang atau kurang lebih 10-15 menit. dibolak balik agar matangnya rata ( jangan terlalu sering, nanti ikan bisa remuk ). jika sudah matang, angkat dan sisihkan.
  3. panaskan wajan, tuang 1 sendok makan minyak goreng. masukkan bawang merah, bawang putih, jahe. tumis hingga mengeluarkan bau sedap dan berubah warna. kemudian masukkan saus tomat, dan tambahkan air. tunggu hingga mendidih.
  4. tambahkan sedikit garam, gula, kecap manis, bawang bombai, paprika merah, buah nanas, dan ikan mujair yang telah dipanggang. tutup wajan hingga meresap, kurang lebih 5-10 menit.
  5. angkat, ikan bakar nanas pedas manis siap dihidangkan.


naaahhhh...mudah bukan ? resep ikan bakar nanas pedas manis dengan bumbu dan tampilan yang berbeda dengan ikan bakar pada umumnya. inilah masakan yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

19 January 2016

resep sayur asem original

resep sayur asem original
resep sayur asem original
resep sayur asem original ini merupakan resep sayur asem yang sering kita jumpai di meja makan rumah sendiri. bahan - bahannya pada dasarnya sama seperti sayur asem pada umumnya. rasanya yang asam, dengan berbagai macam sayuran, disertai dengan kuah yang segar terutama dimakan di siang hari yang terik, serta cepat dan mudah untuk mengolahnya menjadi salah satu alasan kenapa sayur asem menjadi pilihan menu di hari ini.

dibandingkan dengan jenis olahan sayur yang lain, sayur asem ini memiliki cita rasa yang tersendiri yang bisa membuat lidah kangen kalau sudah lama tidak mencobanya. masakan rumahan yang mudah didapatkan di warung makan favorit maupun warung makan terdekat. jikalau banyak orang yang bisa membuat sayur asem ini, kenapa anda tidak mencoba membuatnya sendiri? toh, rasa dan porsinya anda bisa membuatnya sesuai keinginan. tanpa berlama - lama, inilah resep sayur asem original yang akan saya sajikan.

bahan - bahan :

  • 100 gram kacang panjang ( potong panjang )
  • 1 buah labu siam ( dikupas, potong seperti dadu )
  • 2 sendok makan buah melinjo
  • 2 buah jagung manis ( potong ukuran sedang )
  • 10 lembar daun melinjo
  • 2 sendok makan kacang tanah
  • 4 buah cabe ijo teropong ukuran besar ( iris serong )
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas ( memarkan )
  • 5 sendok makan air asam
  • 1,5 liter air


bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah / sesuai selera
  • 1 sendok teh terasi bakar
  • 1 sendok makan gula jawa sisir
  • garam secukupnya


cara membuat :

  1. pertama - tama, cuci bersih semua sayur yang telah disediakan, kemudian tiriskan.
  2. rebus air hingga mendidih, lalu masukkan semua sayuran yang telah tersedia. kacang panjang, labu siam, melinjo, jagung manis, kacang tanah direbus hingga lunak.
  3. masukkan semua bumbu halus ke dalam sayuran yang telah lunak tadi sambil diaduk - aduk.
  4. masukkan cabe ijo, daun salam, daun melinjo, lengkuas, dan air asam, kemudian aduk rata. cicipi terlebih dahulu masakannya, kalau masih ada yang kurang, bisa ditambahkan lagi bahannya. tunggu sampai daun melinjonya matang.
  5. sayur asem original siap disajikan. sajikan bersama nasi hangat dan tempe goreng sebagai lauk pendampingnya.


naaahhhh....mudah bukan? demikian resep sayur asem original yang saya sajikan. semoga bermanfaat.

resep nasi kuning rumahan sederhana

Tags
resep nasi kuning rumahan sederhanasiapa yang tidak mengenal nasi kuning ? rasanya kok anda kurang begitu gaul jika anda tidak mengenali setidaknya pernah mendengar sebutan nasi kuning. namun jika anda perantau atau anak kost, sepertinya ini adalah menu yang tidak asing lagi. baiklah, saatnya berbagi resep nasi kuning rumahan sederhana yang bisa anda buat tanpa harus mengantre di pasar pagi atau abang - abang penjual nasi kuning. atau lebih parahnya anda tidak perlu menunggu ada yang mengundang ke acara ulang tahun untuk menikmati nasi kuning.

 memang nasi kuning identik dengan acara ulang tahun atau acara syukuran yang lain walau diluar acara itu kita mudah untuk mendapatkan nasi kuning. karena saking familiernya, kita jadi enggan untuk memasaknya sendiri mungkin. namun siapa tau anda ingin mencoba kreasi nasi kuning sendiri, segera siapkan bahan berikut.

bahan utama :
  • beras 1 Kg
  • kunyit 2 ruas jari
  • santan dari 1 butir kelapa tua ( atau tergantung selera anda jika anda kurang suka rasa gurih bisa dikurangi atau ditambah jika anda penyuka rasa gurih )
  • garam sepucuk sendok teh
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 lembar daun salam

bahan penambah selera makan
  • abon
  • kacang tanah di sangrai atau goreng mentega
  • kedelai hitam ( opsional saja )
  • daun selada segar
  • timun
  • telur dadar tipis di iris
  • suwiran daging ayam
  • sambal tomat atau sambal teri jika ada

catatan :
bahan penambah selera bersifat opsional, jika tidak ada ya diada - adain biar tambah lahap makannya

cara mengolah nasi kuning
  • Cuci beras seperti biasa pada saat kita mau memasak nasi.
  • Parut kunyit, lalu campur dengan santan sampai rata. Rebus air santan, masukkan daun salam dan garam secukupnya.Tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci tadi. Aduk sampai rata, dan tunggu sampai air santannya habis.
  • Tanak nasi ke dalam wajan dan masukkanlah daun pandan, seperti menanak nasi biasa yang kita lakukan sehari-hari.
  • Tunggu sampai nasinya matang.
sajikan dengan bahan pelengkap dan silahkan dinikmati hasil masakan sendiri yang tentunya tidak kalah dengan yang beli.

oke sekian  resep nasi kuning rumahan sederhana yang praktis, hemat, dan higienis tentunya

18 January 2016

resep bakwan selimut udang

resep bakwan selimut udang
resep bakwan selimut udang
kalau sedang santai, nonton TV di sore hari rasanya agak sepi tanpa cemilan di hadapan. jadi teringat yang renyah , gurih tapi tetap lembut di dalam. apalagi kalau disantap hangat - hangat. hanya dengan berbahan dasar kol, tauge, wortel, dan udang. tanpa berlama - lama menunggu kenapa tidak mencoba resep bakwan selimut udang ini saja?

pada dasarnya, bakwan merupakan makanan ringan dan bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. sambil mengasah keterampilan memasak, kalau banyak yang suka juga bisa menjadi lahan usaha yang menghasilkan bukan? cara membuatnya mudah, cepat dan hanya menggunakan bahan dan peralatan yang cepat ditemukan di dapur. berikut resep bakwan selimut udang yang akan saya sajikan.



bahan - bahan :

  • 300 gram udang
  • 200 gram tauge / kecambah ( rebus sebentar, tiriskan )
  • 1/2 buah wortel ukuran besar ( kupas, diiris memanjang seperti korek api )
  • 3 lembar daun kol ( diiris lembut )
  • 2 batang daun bawang ( diiris lembut )
  • 2 batang seledri ( diiris lembut )
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sendok teh baking powder
  • 300 ml santan
  • 2 butir telur
  • 2 sendok teh garam
  • sedikit penyedap rasa
  • minyak goreng

bumbu halus :

  • 2 sendok teh merica bulat
  • 2 butir kemiri
  • 5 siung bawang putih

cara membuat :

  1. pertama - tama, cuci sayur dan udang, kemudian tiriskan.
  2. masukkan tepung, baking powder, garam, penyedap rasa,bumbu halus, dan telur ke dalam satu wadah. aduk- aduklah sampai tercampur rata.
  3. jika sudah tercampur rata, tuangkan sedikit demi sedikit santan yang telah tersedia, sambil daduk - aduk agar bahannya tercampur rata. tuang sampai santannya habis.
  4. tambahkan tauge, irisan wortel, irisan daun kol, irisan daun bawang, dan irisan daun seledri ke dalam adonan tepung. aduk hingga tercampur rata.
  5. panaskan wajan, tambahkan minyak goreng, hingga kira - kira bisa merendam adonan bakwan. jika sudah panas, kecilkan api, rendam terlebih dahulu ke dalam minyak panas, sendok sayur bulat dari bahan stanless steel sampai panas untuk dijadikan cetakan.
  6. tuangkan adonan ke dalam sendok sayur tadi dengan takaran 1/2 sendok sayur. tambahkan udang diatasnya, sehingga menutupi bagian atas adonan. agak ditekan agar udangnya menempel ke adonan.
  7. kemudian rendam seluruh bahan yang ada di sendok sayur tadi ke dalam minyak panas. lama - kelamaan, adonan akan terlepas dari sendok sayur tadi dan akan mengambang ke permukaan. jika sudah kecoklatan, angkat bakwan, dan tiriskan.
  8. ulangi cara tadi sampai adonan habis. bakwan selimut udang siap disajikan. cocok disajikan dengan ditemani cabe rawit atau dicocol dengan saus.


demikian resep bakwan selimut udang yang saya sajikan. lebih nikmat lagi disantap bersama anggota keluarga sebagai teman santai di kala sore hari. semoga bermanfaat.

17 January 2016

resep sup daging sapi

Tags
resep sup daging sapi
kalau di kulkas anda terdapat kentang, wortel dan kol, kenapa tidak anda buat menjadi sup saja? bahan sudah tersedia, cara memasaknya juga mudah, tak perlu waktu lama untuk mengolahnya. daripada sayang, kelamaan di kulkas. saya ingin membagikan memasak masakan keluarga yang pertama kali saya masak waktu dulu. yaitu resep sup daging sapi.


pada dasarnya, sup merupakan masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa ( wikipedia indonesia ). sup terdiri dari 2 jenis, ada sup kental dan sup bening. yang mau saya bahas disini adalah sup bening yang biasanya dimasak oleh kebanyakan orang. inilah resep sup daging sapi yang saya sajikan.


bahan - bahan :

    4 buah kentang besar ( kupas kulitnya )
    4 buah wortel besar ( kupas kulitnya )
    5 lembar daun kol
    1/2 kg daging sapi
    500 ml air
    1 batang daun bawang ( potong kasar )
    2 batang daun seledri ( potong kasar )
    1 buah tomat ( potong kasar )
    royco rasa sapi secukupnya
    1 sdt garam
    1 sdt gula pasir
    2 sdm minyak goreng untuk menumis
    bawang merah goreng secukupnya



bumbu halus :

    2 siung bawang putih
    1/2 sdt merica butir



cara membuat :
  • cuci semua sayuran dan bahan yang telah disediakan. kemudian potong - potong sayuran sesuai selera, kemudian tiriskan.
  • rebus daging sapi dengan air. tunggu sampai daging sapi matang, angkat daging sapi, kemudian iris - iris sesuai selera. air rebusan daging sapi tersebut jangan dibuang, untuk dijadikan kaldu.
  • panaskan wajan untuk menumis bumbu halus. masukkan minyak goreng, masukkan bumbu halus, ditumis hingga keluar aroma sedap dan berubah warna. masukkan air bekas rebusan daging tadi. tunggu hingga mendidih.
  • masukkan wortel dan kentang, tunggu sampai matang. kemudian masukkan daging yang telah diiris, tomat dan kol. tambahkan garam, gula pasir dan royco. tunggu sampai semua bahan matang.
  • jika semua bahan sudah matang, sup siap disajikan. tambahkan daun bawang, seledri dan bawang merah goreng biar lebih nikmat.

demikian resep sup daging sapi yang bisa dicoba di rumah. cara memasaknya mudah, bahannya gampang didapat, dengan rasa yang maksimal. semoga bermanfaat.


16 January 2016

resep mie ayam

resep mie ayam
resep mie ayam
resep mie ayam yang kita bahas pada saat ini merupakan resep yang simple dan tidak perlu waktu lama untuk memasaknya. mie ayam merupakan makanan merakyat, mulai dari masyarakat kalangan menengah ke atas maupun masyarakat menengah ke bawah. tentunya dengan selera masing - masing lidah yang berbeda. karena pada dasarnya mie ayam itu makanan yang mudah dibuat, mudah disajikan, dan mudah dikombinasi sesuai selera.

jika melirik sajian yang dihidangkan pada warung makan dengan menu mie ayam, apakah pernah terfikir oleh anda untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? jadi, anda bisa lebih memperbanyak porsi dengan pengeluaran yang bisa sedikit hemat. jika dibandingkan harus pesan beberapa porsi lagi, lebih baik mencoba praktek membuat mie ayam sendiri dengan rasa yang dikehendaki. keluarga di rumah juga tak perlu keluar rumah untuk membelinya, dan bisa sesuai porsi yang dikehendaki. berikut bahan dan langkah untuk membuat resep mie ayam.

bahan - bahan :

  • 1/2 kg mie putih basah, atau jika tidak ada bisa memakai mie kering ( rebus terlebih dahulu )
  • 500 gram daging ayam, potong dadu kecil - kecil
  • daun sawi secukupnya, rebus sebentar
  • 5 batang daun bawang / sesuai selera, iris kasar
  • 150 ml minyak ayam
  • 150 kecap asin
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap inggris
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  • penyedap rasa secukupnya
  • kecap manis ( untuk penyajian )
  • saus tomat ( untuk penyajian )
  • sambal ( untuk penyajian )
  • garam ( untuk penyajian )

bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 4 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1,5 sendok teh ketumbar


cara memasak :

  1. pertama - tama, siapkan wajan, tuangkan minyak goreng, tunggu sampai minyaknya panas. kemudian tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna kecoklatan. masukkan ayam, aduk hingga bumbu merata pada seluruh ayam.
  2. setelah itu, tambahkan air secukupnya ( setidaknya hingga ayamnya tergenang ke dalam air ). masukkan kecap asin, kecap manis, kecap inggris, dan penyedap rasa. jika sudah mendidih, bisa dicoba sedikit kuahnya, jika dirasa ada yang kurang, bisa menambahkan bahan lagi sesuai selera. biarkan hingga ayamnya masak.
  3. jika ayamnya sudah masak, angkat dan tiriskan.


cara penyajian :


  1. siapkan mangkuk untuk penyajian. masukkan mie yang telah direbus tadi ke dalam mangkuk. tambahkan minyak ayam, dan garam seujung sendok teh, aduk rata.
  2. tambahkan ayam yang sebelumnya telah dimakas tadi, taruh diatas mienya, kemudian tambahkan sawi, dan daun bawang sesuai selera. siram dengan air yang telah mendidih sebagai kuah. banyak sedikitnya sesuai selera
  3. mie ayam siap disantap, anda bisa menambahhkan kecap manis, saus dan sambal.


demikian resep mie ayam yang enak dan menggugah selera. disantap selagi hangat lebih sedap, ditambah makannya bersama - sama dengan anggota keluarga lain. semoga bermanfaat.

14 January 2016

resep kue nastar keju

resep kue nastar keju
kalau ingat lebaran, pasti ingat dengan kue yang satu ini. kue bulat kecil-kecil dengan taburan keju, dimakan dengan sekali hap, rasa yang gurih dan enak tentunya sudah menjadi pilihan para tamu untuk melirik untuk segera dimakan. tak terkecuali untuk anak - anak, pasti mereka lebih suka jenis makanan kue nastar ini. tanpa perlu bahan yang susah didapat, dan alat masak yang banyak, resep kue nastar keju ini harus dicoba.


bahan - bahan :

  • 700 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • 100 gram gula pasir halus
  • 5 butir telur ( ambil kuningnya saja )
  • 500 gram margarine ( butter )
  • 30 gram susu bubuk
  • keju chedar parut secukupnya ( diparut untuk dijadikan toping )
  • selai nanas secukupnya  untuk bahan isi


bahan olesan :

  • 2 butir telur ( ambil kuningnya saja )
  • mentega secukupnya ( untuk dioleskan ke loyang )


cara memasak :

  1. langkah pertama, siapkan wadah untuk mengocok. masukkan mentega butter, gula dan telur lalu dikocok menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata.
  2. sambil daiayak, campurkan tepung terigu dan susu bubuk yang telah tersedia ke dalam bahan yang sudah dikocok tadi, sampai semua tercampur.
  3. siapkan loyang yang telah diolesi mentega.
  4. ambil adonan yang sudah tercampur, dipulung bulat, kemudian diisi isian selai nanas, lalu dibentuk mulat lagi sampai menutup selainya tadi.
  5. taruh adonan ke dalam loyang, ditata ke dalam loyang, dan harus diberi jarak. lakukan sampai adonan habis.
  6. olesi adonan yang telah dibentuk dengan kuning telur  di atasnya, lalu diberi taburan keju parut untuk topingnya.
  7. setelah semua adonan nastar diolesi telur dan diberi taburan keju parut, lalu masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 15 menit.
  8. kemudian angkat, dinginkan terlebih dahulu.
  9. jika kue nastar sudah dingin, masukkan ke dalam toples.


begitu mudah dan cepat bukan ? demikian resep kue nastar keju yang bisa anda coba.

13 January 2016

resep sop buntut

resep sop buntut
sop buntut sapi
resep sop buntut yang saya sajikan ini adalah sop buntut rumahan yang sederhana. musim dingin memang gak ada matinya untuk mengurungkan niat memasak. justru makin semangat karena perut sering lapar mendadak. serasa jadwal makan menjadi padat. apalagi kalau pas santai tidak ada aktifitas, ingetnya makan melulu.

tapi tak mengapa toh kita masak sendiri tentunya bisa lebih hemat dibanding dengan membeli diwarung. rasanya pun bisa kita pertanggung jawabkan kepada mulut kita sendiri. dan kebersihan bisa terjaga karena didapur kita sendiri maka kita sendiri yang membersihkan

langsung saja yuk

bahan - bahan yang diperlukan

  • 500 gr buntut sapi, potong menurut ruasnya
  • 2000 ml air
  • 6 btr bawang merah, iris halus
  • 4 siung bawang putih, iris halus
  • minyak untuk menumis
  • 2 bh kentang ukuran besar, belah-belah
  • 2 bh wortel, potong menyerong
  • 1 btg daun bawang, iris tipis
  • 2 btg seledri, ikat membentuk simpul
  • 5 bh cengkeh
  • garam dan lada secukupnya


cara memasaknya

  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan buntut sapi, aduk sebentar sampai berubah warna.
  • Tuangkan air, masak sampai buntut lunak dan matang.
  • Tambahkan kentang, wortel, daun bawang, seledri dan cengkeh. Masak kembali hingga mendidih, beri garam dan lada secukupnya.
  • Sajikan sop dengan bahan pelengkap berupa emping goreng, bawang goreng untuk taburan, dan tomat merah besar, potong delapan
demikian resep sop buntut yang bisa anda coba dirumah

12 January 2016

resep donat kentang minimalis

resep donat kentang
donat yummiii
resep donat kentang minimalis - donat adalah kue yang bolong tengahnya. seperti lagu jaman kecil, bulet - bulet bolong tengahnya yaitu kue donat. donat cocok sebagai makanan pendamping minum teh atau kopi. disaat santai melepas lelah sambil mencari inspirasi baru.

tetapi, disaat kepengen santai dan makan donat, tiba - tiba hujan turun atau lagi males keluar untuk beli, kita bisa membuatnya sendiri. delivery juga bisa tapi lebih asik kalau membuatnya sendiri. walau terkadang agak kegosongan atau kurang mengembang, tapi it's oke gak masalah toh dinikmati sendiri sambil belajar.

langsung saja ini dia resepnya tentunya ala dapurresep.com yak

bahan yang harus anda persiapkan
  • 1 ons kentang
  • 10 sdm tepung trigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm susu bubuk
  • 3/4 sdt fermipan
  • 4 sdm margarin
  • meses secukupnya


cara memasaknya


  • kukus kentang, setelah matang tumbuk sampai halus selagi masih hangat lalu dinginkan
  • Masukkan tepung terigu,telur,gula pasir,susu bubuk dan fermipan.
  • Aduk dan uleni adonan sampai adonan tercampur rata dan kalis.
  • panaskan margarin setelah cair campurkan ke adonan kemudian uleni lagi
  • setelah tercampur sempurna, tutup adonan dengan lap bersih dan diamkan kurang lebih 30 menit
  • bentuk adonan sesuai selera anda, kalau modem yang mainstream sih bulet bolong tengahnya
  • diamkan bentukan donat tadi selama kurang lebih 30 menit
  • goreng adonan ke minyak panas
  • setelah kecoklatan angkat dan tiriskan
  • olesi dengan margarin dan taburkan meses
  • anda juga bisa menaburkan gula bubuk atau dengan topping yang lain ( keju, srikaya, atau coklat )
  • donat siap untuk dinikmati


demikian resep donat kentang yang bisa anda coba

11 January 2016

resep mie goreng jawa

resep mie goreng jawa ini merupakan cara memasak mie goreng dengan bahan yang mudah didapat dan cepat penyajiannya. kalau kemarin kita membahas mie jowo, tapi dengan tampilan berkuah ditambah varian sayur untuk menjadi pelengkap makan. sekarang kita akan berikan resep simpel olahan mie jowo juga tetapi dengan tampilan digoreng. tentunya tidak kalah nikmatnya kalau dimakan dengan cuaca yang dingin seperti ini. berikut bahan dan langkah memasaknya.



bahan - bahan mie goreng jawa :

  • 1 bungkus mie telor
  • 1/2 potong dada ayam goreng ( disuwir suwir )
  • 1 butir telur
  • 2 batang kol ( diiris memanjang )
  • 1 batang daun bawang ( diiris dahulu )
  • 2 batang daun seledri ( diiris lembut )
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • kecap manis secukupnya
  • bawang merah goreng secukupnya untuk taburan saja


bumbu halus :

  • 2 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bulat


cara membuat :

  1. pertama tama panaskan panci untuk merebus mie telor dan sawi, jika sudah lunak / tingkat kematangan yang sesuai selera, diangkat, dan tiriskan.
  2. panaskan wajan untuk menggoreng mie dengan api sedang. kalau sudah panas, masukkan minyak sayur yang telah disediakan. kemudian tumis bumbu halus sampai tercium aroma sedap dan wangi. jika sudah, masukkan telur, diaduk rata.
  3. jika telurnya sudah matang, masukkan mie, kol, suwiran ayam dan kecap manis. kemudian diaduk - aduk terus sampai kecapnya merata ke seluruh mie tersebut.
  4. jika sudah tercampur rata, angkat mie goreng, dan siap disajikan. jangan lupa diberi taburan daun bawang, seledri dan bawang merah goreng.


demikian resep mie goreng jawa yang simpel dan menggugah selera. ditemani dengan cabai rawit lebih nikmat, apalagi dimakan selagi hangat di cuaca dingin saat musim hujan.


10 January 2016

resep masakan variasi mie goreng

resep mie goreng
resep masakan variasi mie goreng merupakan resep sederhana pengganjal perut ketika lapar. bahan - bahannya juga sederhana sekali. lebih tepatnya ini merupakan resep kepepet ketika lapar atau keburu. karena bahan utamanya adalah mie instant goreng dan sayuran.

sebenarnya ini adalah resep favorit saya ketika hujan atau lapar dimalam hari ataupun menu sarapan ketika masih merantau atau menu ketika manjat gunung bareng teman - teman.

langsung saja yok kita intip

bahan :

  • mie instant goreng merk terserah
  • 3 lembar daun sawi yang masih hijau di sobek - sobek saja
  • 1 cabe rawit setan
  • 1 telor ayam
  • 1 lembar kol yang masih muda di sobek - sobek saja
  • 1 siung bawang merah diiris tipis
  • 1 siung bawang putih diiris tipis


cara memasak

  • panaskan air ( pakai api setengah skala kompor gas )
  • setelah setengah mendidih, masukkan telor ayam biarkan sampai air mendidih
  • ( ini opsional, tergantung selera mau di goreng atau direbus bareng mie )
  • setelah air mendidih masukkan mie dan irisan bawang putih, irisan bawang merah, cabe,  sobekan sawi, sobekan kol
  • setelah mie setengah matang angkat semua bahan saring airnya masukkan kedalam piring besar
  • masukkan bumbu mie ke piring kosong
  • haluskan cabe, bawang putih, bawang merah yang tadi direbus dengan bumbu mie
  • campurkan rebusan mie dan sayuran juga telor kedalam campuran bumbu
  • masukkan kecap dan juga saos bawaan mie instant
  • mie modifikasi siap disantap enak kalo masih panas


selamat mencoba resep masakan variasi mie goreng

09 January 2016

resep membuat lasagna

resep membuat lasagna
sebelum membahas resep membuat lasagna, apa itu lasagna ? namanya cukup asing di telinga. menurut wiki, Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang.

langsung saja, bahan dan caranya adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan


  • 6 lembar Pasta Lasagna
  • 1 liter Air
  • 1 sendok teh Garam
  • 1 sendok makan Mentega
  • secukupnya Saus Bolognese
  • 100 gram Keju Cheddar
  • 100 gram Tepung Terigu
  • 500 ml Air
  • 7 sendok makan Susu Bubuk
  • 1/4 sendok teh Merica (Lada) Bubuk
  • secukupnya Pala
  • 1 sendok teh Gula Pasir



Langkah


  • Didihkan air, garam & mentega.
  • Masukkan lasagna satu per satu secara saling silang, rebus 1 menit saja.
  • Matikan api, angkatl lasagna satu persatu menggunakan spatula dan rendam dalam wadah datar yang berisi air. Sisihkan.Masukkan susu bubuk dalam gelas takar, campur dengan air bekas rebusan lasagna yang masih panas. Aduk rata.


  • Campur dalam panci : terigu, lada & pala. Aduk rata sambil di tuangi campuran susu. Setelah rata, masak sambil di aduk agar tidak menggumpal.
  • Jika sudah ada gelembung-gelembung, masukkan sebagian keju cheddar parut.
  • Aduk rata, tambahkan gula & perbaiki rasanya. Masak hingga meletup-letup. Angkat.
  • Letakkan lembaran lasagna di atas talenan (lasagna sudah mengembang)
  • Potong-potong tiap lembarnya menjadi 8 bagian (dalam gambar saya langsung potong 2 lembar)
  • susun loyang alumunium di meja kerja.
  • isi masing-masing dengan 1/2 sendok sayur saus putih.
  • Letakkan selembar lasagna di atasnya
  • letakkan 1 sendok teh saus bolognese di atas lasagna
  • letakkan 1/4 sendok sayur saus putih di atas saus bolognese
  • Tutup dengan selembar lasagna.
  • letakkan lagi 1 sendok teh saus bolognese, 1 sendok teh saus putih, tutup dengan 1 lembar lasagna.
  • terakhir tutup dengan saus putih sampai loyang hampir penuh. Ratakan dengan spatula.
  • Taburi dengan keju parut.
  • Letakkan dalam loyang.
  • Panggang dalam oven 200 DC, api atas bawah selama 20-25 menit (atau sampai keju agak kecoklatan)
  • Angkat, sajikan hangat dengan saus sambal :)

demikian resep membuat lasagna ( sumber : cockpad )


08 January 2016

resep masakan mie jowo

resep masakan mie jowo
resep masakan mie jowo
musim penghujan seperti ini paling enak makan mie panas. terlebih lagi mie kuah yang sedikit agak pedas. daripada hujan - hujan keluar ke warung untuk beli mie, lebih baik kita memasak mie sendiri. bukankah meracik masakan sendiri rasanya akan lebih nikmat dan bisa dibuat sesuai selera. berikut resep masakan mie jowo, salah satu varian masakan mie kuah dari daerah jawa.

langsung saja, kita siapkan bahan dan segera praktek memasak untuk disajikan bersama keluarga.

bahan - bahan :
  • mie telur 1 bungkus ( direbus dahulu sampai benar benar lunak atau tingkat kematangan yang sesuai selera, kemuadian tiriskan )
  • telur 1 butir
  • dada ayam goreng 1/2 potong ( disuwir-suwir )
  • sawi hijau 2 lembar ( potong kasar )
  • tomat ukuran kecil 1 buah ( potong kasar )
  • daun bawang 2 batang /  sesuai selera ( diiris kasar )
  • kol 2 lembar ( diiris kasar )
  • kaldu ayam 750 mililiter
  • minyak goreng 2 sendok makan ( digunakan untuk menumis bumbu )
  • kecap manis 1 sendok makan / sesuai selera

bumbu halus :
  • bawang merah 5 siung
  • bawang putih 3 siung
  • kemiri 2 butir
  • merica bulat 1/2 sendok teh
  • cabai merah 2 buah / sesuai selera
  • garam 1 sendok teh ( secukupnya )

cara memasak :
  1. pertama tama panaskan wajan, tuangkan minyak goreng ke dalam wajan. kemudian tumis bumbu halus hingga tercium aroma sedap, lalu masukkan sawi, kol dan daun bawang yang telah dicuci dan dipotong - potong tadi, aduk hingga rata.
  2. kemudian masukkan kaldu, aduk kembali hingga rata. tunggu sampai kaldu mendidih.
  3. setelah itu masukkan mie, tomat, dan ayam, aduk hingga rata. kemudian pecahkan telur, aduk hingga rata. tambahkan kecap. masak hingga matang, angkat.
  4. mie jowo yang lezat siap disajikan.

demikian resep masakan mie jowo yang sederhana tetapi membuat hangat perut dan suasana, terutama di musim hujan seperti ini.

07 January 2016

resep pancake durian

resep pancake durian
mumpung lagi musim durian, mari kita bahas tentang resep pancake durian. sebelumnya, apa itu pancake ? pancake merupakan kue yang dibuat dari adonan tepung dan telur yang sering dibuat berbentuk bulat ataupun selaput tipis yang digoreng dan diberi isi didalamnya. terkadang disajikan menggunakan topping, selai, buah, cokelat, dan dibuat sebagai sarapan dipagi hari. pancake memiliki beragam variasi tergantung diberbagai negara di dunia.

bahan - bahan yang dibutuhkan tentu saja durian yang matang pohon agar aroma dan rasanya terasa dilidah.

  • 1 butir telur
  • Susu 3/4 cangkir
  • 2 sendok makan mentega atau 2 sendok makan margarin, dilelehkan
  • Tepung 1 cangkir
  • 1 sendok makan gula (atau 1/2 sendok teh madu atau sirup gula)
  • 1 sendok teh baking powder
  • Garam 1/2 sendok teh
  • krim kocok/whipped cream 250ml, kocok sampai kaku
  • 2 biji buah durian ( atau sesuai selera ) ambil dagingnya dan haluskan

cara membuat

  • Kocok telur sampai mengembang.
  • Tambahkan susu dan margarin yang sudah dilelehkan
  • Tambahkan semua bahan kering dan aduk rata.
  • Panaskan wajan atau panci dengan sedikit mentega kemudian buat dadar tipis, lalu Masak hingga matang
  • campurkan whip cream tadi dengan daging durian yang sudah dihaluskan
  • isi dadar goreng tadi dengan adonan whiped cream dan durian
  • sajikan dalam keadaan dingin
demikian resep pancake durian, selamat mencoba



06 January 2016

resep masakan kepiting

Tags
resep masakan kepiting
resep masakan kepiting tidaklah sulit. karena secara alami daging kepiting sudah gurih. jadi misalkan hanya direbus aja dikasih garam dikit itu sudah enak, apalagi dikasih bumbu maka akan menjadi semakin enak. disini saya coba membuat eksperimen sederhana dengan bahan kepiting dan saos tiram. bahan itu saya pilih karena praktis, dimana saos tiram sudah cukup untuk menggugah selera makan apalagi dicampur kepiting.

langsung saja untuk bahan utamanya tentu saja kepiting, disini kita memakai 4 ekor kepiting dibelah menjadi 2 bagian.


untuk bumbu pendukungnya :
  1.     1/2 buah bawang bombai dicincang agak kasar saja
  2.     3 siung bawang putih dicincang halus
  3.     cabe rawit secukupnya atau sesuai selera
  4.     saus tiram
  5.     gula pasir secukupnya
  6.     1/2 sendok teh lada hitam
  7.     1 buah tomat dipotong dadu kecil
cara memasaknya cukup simpel,
  1. rebus kepiting sebentar atau sampai warna menjadi oranye lalu angkat.
  2. tumis bumbu pelengkap sampai harum, kemudian tambahkan air secukupnya.
  3. masukkan kepiting aduk sampai rata
  4. setelah aroma kuat, tambahkan saos tiram aduk sebentar lalu angkat.
  5. kepiting siap disajikan dengan nasi hangat
demikian resep masakan kepiting yang sangat sederhana sekali, silahkan dicoba atau dimodifikasi lagi biar tambah greget.