20 August 2015

Sambel Tumpang

Tags

sambel tumpang salatiga
ilustrasi
Tumpang atau sambal tumpang adalah sebuah makanan khas dari Kota Kediri, Jawa Timur. Cara penyajian sambal tumpang tak jauh beda dengan cara penyajian sambal pecel, yaitu dengan nasi yang di atasnya diberi aneka lalapan atau sayur-mayur yang telah direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan sambal tumpang dan diberi peyek sebagai pelengkap, bisa peyek kacang atau peyek teri. Sambal tumpang dibedakan dengan sambal pecel pada umumnya karena cita rasanya yang khas. Sambal tumpang banyak dijumpai pada makanan-makanan khas jawa. Model penyajian sambal tumpang biasanya pada pincuk berbentuk kerucut terbalik atau ditaruh di piring dengan diletakkan di bagian sisinya.

Sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe yang telah busuk atau yang biasa disebut tempe bosok dan dimasak dengan dicampur aneka bumbu seperti lombok atau cabai, bawang, garam, dan bumbu dapur lainnya. Makanan-makanan yang banyak menggunakan sambal tumpang sebagai tambahan-nya diantaranya nasi tumpang asli dan nasi pecel tumpang. Di daerah aslinya, tumpang dicampurkan dengan nasi dan berbagai lalapan serta tambahan jeroan ayam. Jangan keburu jijik jika mengetahui bahan dasarnya yang terbuat dari tempe bosok, tapi cobalah dulu rasanya jika telah matang, pasti akan membuat Anda ketagihan.

itu sih kata mbah wiki, kalo pakdhe kali ini akan mengulas tentang sambal tumpang salatiga. apa itu ?

Bubur nasi putih atau Nasi putih dengan daun sayur rebus berupa daun pepaya, daun singkong dan buah pepaya muda yang di parut yang disiram dengan sambal tumpang, yaitu terbuat dari tempe busuk di olah dengan bumbu – bumbu termasuk daun salam. Ada juga sayur tahu dan tentu saja koyoran dari bagian gandu (dengkul) sapi yang di olah dengan empuknya. Untuk menambah kenikmatan, krupuk gendar (krupuk nasi) diremas dan ikut disiram kuah tumpang. Untuk makanan pendamping ada dadar jagung, tempe atau tahu isi.

nah, ini resepnya

Bahan - bahannya 

  1. tempe semangit/tempe bosok 150 gr
  2. koyor sampi/tetelan atau bila tidak suka bisa diganti daging secukupnya
  3. cabe merah 5 buah
  4. cabe rawit 5 buah
  5. 1 ruas kencur
  6. 4 butir bawang merah
  7. 2 siung bawang putih
  8. 2 lbr daun jeruk
  9. 2 lbr daun salam
  10. 2 cm lengkuas (geprek)
  11. 400ml santan
  12. 2 buah kemiri
  13. 1 sdt gula pasir
  14. 1 sdt garam

Cara membuat sambal tumpang

  1. Rebus tempe, daging, bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, daun salam, kencur, dan lengkuas dalam panci masak hingga daging lunak.
  2. Setelah daging lunak, angkat kemudian potong kecil- kecil.
  3. Saring air rebusan dengan isi berupa bumbu dan tempe yang sudah hancur.
  4. kemudian haluskan isi dari rebusan tadi yang sudah ditiriskan, kecuali daun salam dan lengkuas. setelah halus kembalkan ke air rebusan tadi dan Masukkan kembali daging yang sudah dipotong- potong.
  5. Rebus kembali semua bahan, tuangkan santan. Biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukkan petai dan keruppuk kulit. Tambahkan sedikit garam dan gula pasir. Tunggu hingga airnya menyusut dan agak mengental. Angkat.


EmoticonEmoticon